Thursday, May 18, 2017

KALKULATOR - Alat Penghitung Yang Akan Terus digunakan Untuk Menghitung


KALKULATOR

Alat Penghitung Yang Akan Terus digunakan Untuk Menghitung

Digiprintekno : Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk menghitung, banyak orang yang kesulitan menghitung tanpa kalkulator dikarenakan kurangnya belajar dan hafalan tentang hitung-hitungan, seperti penambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian angka-angka. Untuk itu kalkulator adalah alat yang bermanfaat bagi seseorang yang kesulitan didalam menghitung terutama mata pelajaran matematika dan juga pekerjaan sehari-hari. Untuk itu mari kita simak ulasan tentang kalkulator!
KALKULATOR  - Alat Penghitung Yang Akan Terus digunakan Untuk Menghitung
Kalkulator Alat Penghitung Angka

Apa itu kalkulator?
Pengertian kalkulator secara singkat ialah alat bantu untuk menghitung. Kalkulator merupakan alat hitung elektronika yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan komputer, dan dikalangan masyarakat sudah banyak yang menggunakannya sebagai alat bantu hitung yang praktis dan cepat. Dan saat ini sudah banyak beredar kalkulator dengan bermacam-macam merek dan tipe, yang biasanya mempunyai cara pengoperasian yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya hampir sama.

Mengapa Menggunakan Kalkulator?
Mengapa perlu menggunakan kalkulator? Penggunaan kalkulator perlu dilakukan karena kalkulator merupakan alat yang mampu membantu memudahkan perhitungan. Pengoperasian bilangan-bilangan besar dapat dilakukan dengan mudah kalau kita menggunakan kalkulator.

Manfaat Menggunakan Kalkulator untuk Pekerjaan Sehari-hari :
Orang  - orang yang bekerja di bidang jual beli akan sangat membutuhkan kalkulator karena yang dihitung adalah barang-barang yang dijual dan dibeli dengan jumlah yang tidak sedikit, kalkulator cenderung digunakan karena untuk mempermudah menghitung barang sehingga tidak mudah lupa apa saja yang sudah dihitung.

Manfaat Menggunakan Kalkulator untuk Pembelajaran Matematika diantaranya adalah :
Manfaat dari kalkulator yang memudahkan pembelajaran matematika di kelas diantaranya adalah sebagi berikut:
1.   Kalkulator Dapat Digunakan untuk Mengembangkan Konsep
Kalkulator juga dapat digunakan secara efektif untuk mengembangkan konsep. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics (NRC, 2001) memuat beberapa penelitian jangka panjang yang telah menunjukkan bahwa siswa kelas 4-6 yang menggunakan kalkulator meningkat pemahaman konsepnya.

2.   Kalkulator dapat digunakan untuk Drill
Kalkulator merupakan alat yang sangat baik untuk drill yang tidak merlukan komputer atau perangkat lunak. Kalkulator masa kini mempunyai penyelesaian soal yang sudah terprogram yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar fakta-fakta perhitungan, mengembangkan daftar fakta yang terkait, dan menguji kesamaan atau ketidaksamaan ekspresi aritmetika pada kedua sisi dari simbol hubungannya

3.   Kalkulator Meningkatkan Pemecahan Soal
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan kalkulator memperbaiki kemampuan pemecahan soal dari pelajar pada segala tingkatan untuk semua kelas (NRC, 2001). Mekanisme perhitungan kadang dapat memecah perhatian siswa dari problem yang mereka kerjakan. SambiI memahami arti dari operasi, siswa harus diperkenalkan dengan soal nyata dengan bilangan-bilangan yang realistis. Bilangannya mungkin di atas kemampuan mereka untuk menghitung, tetapi kalku­lator membuat soal nyata ini dapat diselesaikan.

4.   Kalkulator Menghemat Waktu
Perhitungan dengan tangan akan memakan waktu, terutama untuk siswa usia dini yang belum mengembangkan pengua­saan teknik-teknik perhitungan mereka. Mengapa waktu harus dihabiskan oleh siswa untuk menjumlahkan bilangan-bilan­gan untuk mencari keIiling dari sebuah poligon? Mengapa menghitung rata-rata, mencari persentase, mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal, atau memecahkan beberapa soal dengan metode pensil dan kertas ketika ada cara praktis dan cepat yang dapat digunakan? Maka penggunaan kalkulator dengan metode yang tepat akan lebih mengefisiensi kan waktu yang digunakan dalam pembelajaran.

5.   Kalkulator Banyak Digunakan di Kehidupan Sehari-hari
Sekarang ini, hampir setiap orang menggunakan kalkulator dalam kehidupannya untuk melakukan perhitungan kecuali anak-anak sekolah. Siswa harus diajarkan bagaimana untuk menggunakan kalkulator, sebagai alat yang efektif yang mudah ditemukan, dan juga belajar untuk menguji kebenaran dengan kalkulator apabila diperIukan. Penggunaan kalkulator secara efektif adalah sebuah keterampilan yang penting. Keterampilan ini paling baik dipelajari dengan cara menggunakan kalkulator secara teratur dan penuh arti

Bagaimana Cara Penggunaan Kalkulator didalam Pembelajaran Matematika
Bagaimana menggunakan kalkulator dalam pembelajaran matematika? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kalkulator dalam pembelajaran matematika, sebagaimana dijelaskan berikut ini:
1.   Kalkulator adalah alat untuk melakukan perhitungan. Begitu pula pikiran kita dengan pensil-kertas. Peserta didik harus diajarkan kapan saatnya menggunakan kalkulator, dan kapan saatnya melakukan “mental calculations” atau perhitungan dengan pensil-kertas dan mana yang lebih efektif serta sesuai dengan permasalahan. Memilih alat yang tepat adalah bagian dari proses penyelesaian masalah secara efektif.
2.   Sangat penting bagi peserta didik untuk belajar memperkirakan hasil sebelum melakukan perhitungan, karena sangat mudah melakukan kesalahan ketika menekan tombol angka-angka. Dan peserta didik harus belajar untuk tidak ‘mengandalkan’ hasil pada kalkulator tanpa memeriksa kewajaran dari jawaban.
3.   Sebaiknya kalkulator tidak digunakan untuk mencoba secara acak semua kemungkinan operasi dan melihat mana yang menghasilkan jawaban yang benar. Sangat penting bagi peserta didik untuk memahami perbedaan dari setiap operasi matematika sehingga mereka tahu kapan menggunakan salah satunya ketika melakukan “mental calculations”, perhitungan dengan pensil-kertas atau perhitungan menggunakan kalkulator.

Apa keuntungan menggunakan Kalkulator
Berikut ini adalah keuntungan dari penggunaan kalkulator pada situasi yang tepat (State Board of Education, 1980: 69):
a)    Mempercepat pencarian pola-pola umum
Satu dan sekian banyak permasalan di dalam matematika adalah berkaitan dengan proses generalisasi. Generalisasi adalah suatu proses pencarian pola umum dan suatu permasalahan matematika jika diberikan hal-hal khusus dari permasalahan itu. Contoh yang jelas adalah jika diberikan tiga suku pertama dari suatu barisan bilangan, siswa diminta mencari suku ke-100 dan barisan tersebut. Pemunculan hasil perhitungan di layar kalkulator yang cepat memungkinkan siswa untuk memperkirakan kebenaran hasil yang diperolah dengn cepat pula dengan cara hanya mempertimbangkan satu atu dua dari situasi atau bentuk yang mungkin sebagai hasil generalisasi. Dalam hal ini penggunaan kalkulator tidak mengurangi arti dari konsep penggeneralisasian, sebab kalkulator hanya digunakan sebagai alat bantu siswa memeriksa hasil akhir dengan cepat, dan siswa masih tetap belajar bagaimana menggeneralisasikan suatu konsep matematika.

b)    Menghilangkan ketakutan siswa akan kegagalan perhitungan
Banyak siswa merasa lemah dalam ketrampilan komputasi, tetapi mereka sangat baik dalam menganalisis masalah. Mereka sangat takut membuat kesalahan "kecil" sehingga upaya yang telah dilakukan dalam memecahkan masalah matematika akan sia-sia. Dengan kalkulator maka ketakutan akan salah hitung menjadi hilang, sehingga menumbuhkan rasa percaya yang besar bahwa masalah matematika tersebut dapat mereka selesaikan dengan tepat.

c)    Menimbulkan motivasi dan rasa percaya diri
Banyak siswa yang mengalami kemacetan di jalan ketika sedang menyelesaikan suatu masalah karena mereka tidak dapat (mungkin akan memakan waktu lama sekali) menghitung hasil yang sangat kecil atau sangat besar jika menggunakan kertas dan pensil belaka. Jika mereka tidak mendapat kepastian kebenaran hasilnya, maka mereka akan kehilangan motivasi untuk melanjutkan kemacetan tersebut. Sebalikya, jika ada kalkulator di tangan, mereka mempunyai motivasi tinggi untuk tetap bekerja, karena mereka mempunyai alat untuk memeriksa hasil pekerjaannya.

d)    Menghindari perhitungan rutin dan berlarut-larut
Dalam mengerjakan latihan soal-soal matematika, umumnya siswa mengharapkan bahwa hasil yang akan mereka temukan adalah "bagus", misalnya hasilnya merupakan bilangan bulat atau pecahan sederhana. Jika rnereka rnendapatkan hasil jawaban berupa bilangan rasional yang tidak sederhana atau bilangan irrasional, maka mereka akan curiga bahwa mereka telah melakukan kesalahan dalam perhitungan. Mereka mungkin akan kecewa karena setelah melakukan perhitungan panjang lebar mereka mendapatkan hasil yang meragukan karena tidak ada alat untuk memeriksa kebenaran hasil. Dengan adanya kalkulator di tangan, mereka dapat rnenghindari perhitungan yang rutin dan berlarut-larut.

Selain itu hindarilah situasi belajar yang kurang tepat dalam menggunakan kalkulator. Berikut ini  merupakan situasi belajar yang kurang tepat jika guru mengintegrasikan kalkulator ke dalam proses belajar mengajar di kelas, karena sangat tidak menguntungkan, bahkan mungkin dapat mengacaukan tujuan belajar siswa. Situasi belajar itu adalah jika:
a)   Menyebabkan Keterampilan Berhitung Hilang
Siswa yang bergantung sekali pada penggunaan kalkulator akan selalu tidak percaya dengan kemampuannya, sehingga mereka jarang sekali menggunakan kemampuan pribadinya dalam 'melakukan komputasi. Akibatnya adalah ketrampilan berhitung menjadi hilang. Guru harus bijaksana dalam memutuskan kapan siswa boleh menggunakan kalkulator dan kapan tidak. Jika siswa diijinkan menggunakan kalkulator, yakinkan bahwa siswa menggunakan pada situasi yang tepat, tidak menyebabkan keterampilan berhitung lenyap.

b)   Di Dalam Situasi yang Tidak Adil
Kadangkala timbul situasi yang tidak semua siswa dapat melakukan perintah khusus dalam masalah matematika. Guru sebaiknya melarang penggunaan kalkulator dalam situasi tersebut, karena menyebabkan ketidakadilan persaingan. Sebagai contoh dalam masalah matematika yang memerlukan operasi matematika berturut-turut dan tidak semua siswa dapat menggunakan kalkulator. Guru disarankan tidak memperkenalkan siswa menggunakan kalkulator dalam situasi yang tidak adil tersebut.

c)   Tidak Mempunyai Tujuan Secara Pendidikan
Menggunakan kalkulator tanpa tujuan pengajaran yang jelas tidak hanya memboroskan waktu bahkan menjadikan siswa bingung. Guru sebaiknya merencanakan secara khusus suatu model pengajaran dengan menggunakan kalkulator dengan tujuan yang jelas. Jika setiap kali dalam mengajar siswa diijinkan menggunakan kalkulator dalam mengerjakan 1atihan soal-soal matematika, maka siswa dapat menjadi bingung bilamana harus menggunakan dan bilamana tidak.

d)   Cenderung Digunakan Sebagai A1at yang Maha Penting
Pendidik khususnya guru sebaiknya selalu mengingatkan siswa bahwa kalkulator bukan alat yang serba bisa digunakan untuk menyelesaikan masaalh apa pun dalam matematika. Kalkulator hanyalah sebuah alat bantu pembelajaran yang disediakan untuk membantu siswa dalam menye1esaikan permasalahan matematika. Jangan biarkan siswa berpikir bahwa setiap masaah dalam matematika dapat diselesaikan dengan kalkulator sehingga siswa sangat bergantung padanya dan jika tanpa kalkulator maka mereka tidak mungkin menyelesaikan masalah matematika.
Apa Saja Tipe Kalkulator?
Saat ini telah dikenal beberapa macam kalkulator dari berbagai merek dan type, tetapi dapat digolongkan menjadi dua jenis kalkulator yaitu :
1.   Kalkulator yang tidak dapat diprogram.
Kalkulator jenis ini hanya dapat digunakan untuk suatu kalkulasi sederhana, yang hanya menggunakan operasi hitung biasa misalnya perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, logaritma, nilai fungsi trigonometri.

2.   Kalkulator yang dapat diprogram (Programmable Calculator).
Pada kalkulator jenis ini dapat dibedakan menjadi dua jenis pemrograman yaitu:
a.   Program aplikasi yang telah dirancang oleh pabriknya.
Program ini telah tersedia, sehingga pengguna dapat langsung menggunakan fasilitas tersebut.
Contoh: program-program untuk statistik, analisis regresi linier, integral dan sebagainya.

b.   Program yang dibuat sendiri oleh penggunanya.
Program dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan rumus yang akan diprogramnya dengan menggunakan “bahasa program” untuk kalkulator. Suatu program yang telah disusun dapat disimpulkan pada kalkulator dan program yang telah tersimpan tidak akan hilang walaupun kalkulator dimatikan.

Selain penggolongan di atas, berdasarkan manfaat penggunaannya kalkulator terbagi dalam tiga jenis, yaitu Simple Calculator, Scientific Calculator, Graphic Calculator.

Kalkulator merupakan alat hitung yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Namun, kalkulator membawa dampak baik dan juga buruk. Bila kalkulator digunakan dengan semestinya, kalkulator akan sangat berfungsi. Tetapi bila dilihat lebih dekat, banyak anak yang menggunakan kalkulator berlebihan. Untuk itu diperlukan bimbingan dari para guru dan juga orang tuanya.

Semoga Bermanfaat
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
EPSON Printer [L310]

3 comments:

  1. artikel ini sangat bagus dan membantu saya yang masi kurang paham akan hal tersebut,sekarang ini saya makin mengerti apalagi ditambah dengan kata kata yang sangat mudah dipahami teruslah berkarya min untuk anak bangsa, sehat selalu dan sukses selalu. terima kasih banyak ya min ^^ ,
    jika berkenan mampir juga ya ke situs saya ^ ^ di

    bebasqq
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    jika ada salah saya dalam hal pengetikan saya meminta maaf sebesar besarnya
    terima kasih salam hormat terdalam kami min ^^

    ReplyDelete
  2. artikel ini sangat bagus dan membantu saya yang masi kurang paham akan hal tersebut,sekarang ini saya makin mengerti apalagi ditambah dengan kata kata yang sangat mudah dipahami teruslah berkarya min untuk anak bangsa, sehat selalu dan sukses selalu. terima kasih banyak ya min ^^ ,
    jika berkenan mampir juga ya ke situs saya ^ ^ di

    bebasqq
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    jika ada salah saya dalam hal pengetikan saya meminta maaf sebesar besarnya
    terima kasih salam hormat terdalam kami min ^^

    ReplyDelete
  3. Cool stuff you have got and you keep update all of us. kalkulatorji Casio

    ReplyDelete