Wednesday, May 17, 2017

Google Doodle, Penemuan Rumit Mesin Mekanisme Antikythera



Google Doodle Hari Ini, Mekanisme Antikythera Adalah

Digiprintekno – Hari bersejarah bagi penemuan mekanisme Antikythera, google doodle merayakan penemuan tersebut. Lantas apa itu mekanisme Antikythera, simak informasi lengkapnya yuk… di bawah ini.

Google Doodle Hari Ini, Penemuan Rumit Mesin Mekanisme Antikythera

Laman pencarian google kali ini dihiasi dengan doodle yang membahas tentang penemuan mekanisme Antikythera. Di hari ini, 17 Mei 2017 merupakan hari ke-115 penemuan mekanisme Antikythera sejak 17 Mei 1902 lalu.


Mekanisme Antikythera merupakan penemuan computer tertua di dunia oleh Valerios Stais yaitu seorang arkeolog yang berasal dari Yunani. Valerios Stais memperhatikan perunggu yang tampak seperti roda gigi dari karam kapal yang sudah korosi.

Setelah melalui penelitian yang lama sekitar 12 tahun lamanya, para ilmuwan mulai menyadari bahwa mekanisme Antikythera dibuat untuk tujuan astronomi. Mekanisme Antikythera bisa digunakan untuk melacak planet, navigasi dan pemetaan, meramalkan gerhana bulan atau pun gerhana matahari.

Dalam Mesin mekanisme Antikythera terukir tulisan yang berukuran sangat ekcil yakni 1,2 milimeter yang terdapat pada bagian dalam mesin. Tulisan pada mesin berumur 2100 tahun itu bisa dilihat dari bagian depan maupun bagian belakang mesin.

Mesin model computer tiga dimensi yang dibuat berdasarkan tomografi tersebut memiliki gigi canggih sebanyak 30 lebih yang terdapat dalam kotak kayu seukuran kotak alas kaki. Mesin Mekanisme Antikythera menggunakan perangkat engkol sebagai tenaganya, dan kelihatan rumit seperti rumitnya mesin jam pada abad 18.

Bersamaan ditemukannya mekanisme Antikythera ditemukan pula patung marmer, gelas, perunggu, dan keramik pada sebuah kapal karang yang memiliki panjang 40 meter. Antikythera merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Ionia. Antikythera memiliki luas 20,43 km2 jika ditempuh dari Yunani sekitar 50 menit dengan penerbangan udara.

Mekanisme Antikythera ditampilkan pada google doodle di Negara Amerika, Australia, Eropa dan Asia kecuali Tiongkok. Sehingga siapa pun yang membuka google di benua-benua tersebut akan melihat doodle tentang mekanisme Antikythera.

Itu tadi informasi berita yang bisa saya sampaikan terima kasih sudah menjadikan digiprintekno sebagai salah satu laman bacaan anda.
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
EPSON Printer [L310]

3 comments: