Saturday, May 20, 2017

Printer Epson atau Canon? Mana yang kamu pilih?



Printer Epson atau Canon? Mana yang kamu pilih


Digiprintekno : Kali ini digripintekno akan membahas tentang masalah memilih antara printer epson atau canon, dalam dunia bisnis kedua merk printer ini sangat dibutuhkan dalam hal percetakan, namun apa yang menjadi daya tarik dari kedua printer tersebut sehingga banyak yang memilih salah satu atau keduanya. Untuk itu harus tahu dulu apa keunggulan dan kelemahan masing-masing printer tersebut. Mari kita lihat ulasannya! Semoga bermanfaat!

Printer Epson atau Canon? Mana yang kamu pilih?
Printer Canon


Semua bisnis yang bergerak dibidang jasa percetakan tidak akan lepas dari yang namanya printer, yaitu alat untuk mencetak tulisan atau gambar / foto pada media kertas. Printer dibutuhkan untuk mencetak hasil dari sebuah ketikan atau desain sebuah gambar, biasanya apabila dijadikan bisnis jasa akan menjadi sebuah keuntungan yang sangat besar bagi orang yang buka bisnis percetakan. Printer menjadi kebutuhan utama bagi semua orang, untuk itu harus tahu bagaimana cara memilih printer yang berkualitas bagus, karena setiap brand  atau merk printer mengklaim bahwa dirinya adalah yang terbaik, terawet dan yang paling berkualitas serta unggul di pasar.

Printer Epson atau Canon? Mana yang kamu pilih?
Printer Epson

Banyak merk printer yang ada di pasaran, namun ada dua merk printer yang saya kira paling dianggap paling menonjol dan laris manis saat ini, yaitu merk printer Epson dan canon, karena saya sendiri sebagai admin juga pemakai merk printer keduanya. Banyak yang mengulas tentang bagaimana keunggulan masing-masing printer dan juga kelemahannya, untuk saya sendiri karena untuk usaha, saya lebih membedakan karena canon printer yang sangat cepat maka saya gunakan untuk mencetak teks di HVS, sedang untuk Epson yang kecepatannya lambat dan lebih pada kualitas gambar, maka saya gunakan untuk cetak foto, saya membedakan hal tersebut untuk keawetan printer dan juga menjaga kualitas dari masing-masing printer.
Lalu apa sih keunggulan dan kelemahan dari masing-masing merk printer Epson dan juga canon

Keunggulan Epson
  1. Printer Epson dikenal akan keawetannya, Epson diklaim menggunakan micropiezo untuk headnya, selain itu untuk head jenis piezoelectric juga hanya dipakai oleh produk printer Epson saja. Micropiezo merupakan head yang dianggap bisa menghasilkan hasil cetakan lebih berwarna natural,  tajam, bebas grain atau noise, serta menghasilkan cetakan foto dengan transisi tone yang lebih halus.
  2. Hasil warna yang menjadi jaminan utama Epson. Begitu sangat natural, lebih tajam, cerah sehingga Epson banyak dipakai oleh kalangan fotografer. Jangan salah bila studio-studio foto lebih memiliki Epson karena kualitas warnanya yang sangat bagus ketimbang pesaingnya.
  3. Perombakan ke sistem infus menjadi pilihan jitu untuk kemudahan. Nah, Epson tampaknya menjadi printer yang sangat mendukung penggunaan sistem infus atau CISS. Alasannya adalah karena kebanyakan printer Epson dirancang dengan komponen Printhead yang dibuat terpisah dari Cartridge. Sistem infus (CISS) memang banyak dipilih untuk kemudahan dalam isi ulang dan meminimalkan biaya. Saat ini Canon dan Epson saat ini sudah membuat printer dengan Ink Tank System asli.

Keunggulan Canon
  1. Selain murah, Canon terkenal dengan printernya yang mampu mencetak lebih cepat. Anda bisa mengetes sendiri seperti pada printer seri Canon IP22770 yang ternyata dapat menghasilkan Print Speed Black : 7.0 ppm serta Print Speed Colour : 4.8 ppm. (ppm: Print Pages Perminutes). Sangat cocok untuk perkantoran dengan banyak pekerjaan sehingga lebih mengutamakan kecepatan mencetak. Ketika Anda terbiasa menggunakan Canon, Anda akan kaget karena Epson cenderung lebih lambat.
  2. Keunggulan pertama Canon adalah dari harga-harga printernya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produk Epson untuk spesifikasi yang hampir sama. Pada akhirnya untuk Anda yang memiliki budget terbatas lebih cocok sebagai pengguna printer Canon.
  3. Komponen printer Canon yang diklaim lebih awet, mungkin karena jarang ditemui kasus kerusakan Rollpaper, mainboard dan komponen lain pada printer Canon.
  4. Kualitas hasil cetakan yang bagus terutama saat menggunakan tinta original, dan sangat cocok untuk mencetak dokumen.
  5. Seperti yang sudah dijelaskan, Canon cocok untuk print dokumen. Alasannya adalah pencetakan hitam putih yang lebih stabil tanpa adanya kesalahan warna.
–  Kelemahan Epson
  1. Kecepatan cetaknya yang seperti ‘siput’. Bahkan perbandingannya dapat mencapai sekitar 1:3 dibandingkan dengan kecepatan Canon.
  2. Saat proses celaning, pengguna harus membuat sistem pembuangan untuk tinta hasil limbah.
  3. Printer Epson dengan hasil cetakan yang luar biasa ternyata berimbas pada borosnya tinta.
  4. Hasil cetakan hitam putih yang kurang bagus, yakni akibat munculnya warna lain.
  5. Harga yang cukup mahal dibandingkan Canon dengan spesifikasi hampir sama.
–  Kelemahan Canon
  1. Soal warna, Canon harus mengakui keunggulan Epson. Canon sangat kurang untuk mencetak foto.
  2. Ada banyak permasalahan bila printer Canon dirubah menjadi sistem infus, seperti masalah selang sistem infus yang justru dianggap mengganggu jalannya Caridge unit. Lagipula harga Catridge Canon termasuk mahal untuk satu setnya.
  3. Banyak yang menganggap bahwa Head Canon cenderung kurang awet.
Kesimpulannya untuk Anda yang membuka usaha foto dan mengutamakan hasil bagus, gunakan Epson. Dan Canon direkomendasikan untuk perkantoran yang mengutamakan kecepatan dan hanya mencetak dokumen semata. Semuanya baik dan bagus, namun hasil akhir ada pada pilihan anda! Semoga Bermanfaat!
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
SAMSUNG Galaxy J2 Prime [SM-G532] - Gold/White Gold
EPSON Printer [L310]

No comments:

Post a Comment