Laman

Friday, October 6, 2017

USB OTG, Alat Canggih yang Sangat Dibutuhkan oleh Handphone Anda!

USB OTG, Alat Canggih yang Sangat Dibutuhkna oleh Handphone Anda!

USB OTG, Alat Canggih yang Sangat Dibutuhkan oleh Handphone Anda!


Hembbb, apakah anda tahu apa itu USB OTG? Nggak semua tahu kan, walaupun belum banyak yang mengetahui, tapi manfaat USB OTG sangat luar biasa lho buat handphone anda!

 Apa maksud dan fungsi USB OTG?
USB OTG (On The Go) adalah salah satu spesifikasi dari USB 2.0 yang membuat perangkat android seperti smartphone atau tablet bertindak sebagai host atau master terhadap perangkat lain yang terkoneksi dengannya, seperti USB Flashdrive, kamera digital, printer, keyboard ataupun mouse.

Dengan kata lain, dengan USB OTG ini perangkat smartphone anda dapat mengendalikan perangkat lain yang terkoneksi dengannya. Smartphone akan tahu apa yang harus dilakukan jika ada perangkat seperti USB Flashdrive, atau kamera digital, atau keyboard yang terkoneksi dengan smartphone.

Hampir mirip seperti komputer atau laptop yang mengontrol perangkat eksternal seperti keyboard atau mouse yang dicolokkan lewat USB port.
Agar bisa menjadi Host atau master sebuah perangkat android haruslah sudah support USB OTG serta dibutuhkan sebuah kabel USB OTG. Kabel USB OTG cukup banyak dijual dipasaran dan harganya relatif murah. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua perangkat android sudah mendukung USB OTG ini. Jadi kita harus pastikan dahulu apakah perangkat android kita sudah mendukung USB OTG atau belum.
Apakah perangkat android saya support USB OTG?
Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah perangkat android kita telah mendukung OSB OTG atau tidak, diantaranya:
1.      Jika android anda produksi 3 tahun ke belakang, kemungkinan besar sudah support USB OTG
2.      Lihat di kemasan produknya. Jika ada logo USB OTG berarti sudah mendukung USB OTG.
3.      Cari lewat Google tentang apakah perangkat android anda sudah mendukung USB OTG atau belum.
4.    Terakhir gunakan aplikasi khusus seperti USB OTG Checker yang bisa anda download di playstore. Aplikasi ini bisa membantu memastikan apakah perangkat android anda supprt USB OTG atau belum. Walaupun aplikasi ini tidak 100% akurat namun cukup membantu untuk langkah selanjutnya yaitu memastikan dengan cara mempraktekkannya dengan menggunakan kabel USB.

Apa saja manfaat USB OTG?
Manfaatnya tentu sangat banyak. Dengan USB OTG anda bisa menjadikan perangkat android layaknya sebuah komputer. Perangkat-perangkat yang selama ini hanya bisa “terbaca” di komputer atau laptop, dengan USB OTG perangkat tersebut dapat terbaca juga di perangkat android.

Sebagai contoh, dengan menggunakan USB OTG kita bisa menyimpan langsung data-data yang ada di perangkat android ke dalam flashdrive saat bepergian tanpa harus melalui komputer dahulu. Dengan demikian memory perangkat android kita jadi tak terbatas.
Salain itu dengan dihubungkannya keyboard dan mouse menggunakan USB hub + USB OTG anda layaknya sedang berada depan laptop.

Kabel USB OTG
Untuk memanfaatkan fungsi USB OTG ini, selain perangkat android sudah mendukung USB OTG alias sudah USB OTG certified, kita harus juga memiliki kabel USB OTG. Kabel USB OTG berbeda dengan kabel USB biasa. Kabel USB OTG memiliki desain khusus yang memberitahukan parangkat android agar bertindak sebagai host atau master terhadap perangkat lain yang terkoneksi dengannya.

Untuk mendapatkan barangnya, silahkan kunjungi Bhinneka.com


.

2 comments: