Laman

Wednesday, May 31, 2017

Google Doodle, Zaha Hadid Arsitek Muslim dengan Karya Futuristik

Tentang Arsitek Muslim Zaha Hadid


Digiprintekno – Google Doodle memberikan perayaan kepada Zaha Hadid, siapa Zaha Hadid dan apa jasa Zaha hadid dalam dunia ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya mengenai Zaha Hadid yang nampang di laman utama pencarian google. 
Zaha Hadid merupakan seorang perempuan kelahiran Irak dan Britania. Zaha Hadid merupakan seorang arsitek yang terkenal di Inggris karyanya juga sangat mengagumkan dan masih kokoh hingga sekarang.

Zaha Hadid yang menjadi warga kebangsaan Britania Raya yang dinaturalisasikan merupakan seorang wanita muslim yang menerima penghargaan Arsitektur Pritzker pertama kali tahun 2004.
 
Zaha Hadid juga disebut sebagai pencetus dan penggagas aliran Neo Modern dalam dunia arsitek. Aliran neo modern mengangkat tema bangunan berbentuk lengkung dan curva yang memiliki gaya futuristik. 

Selain ahli dalam rancangan bangunan berbentuk curva, Zaha Hadid juga berhasil meraih penghargaan Riba Gold Medal. Mau tahu apa saja karya-karya Zaha Hadid yang mengagumkan simak di bawah ini ya.

Karya Zaha Hadid, Arsitek Futuristik Modern


  • Hungerburgbahn

Bangunan Hungerburgbahn merupakan rel kereta api dimana keempat stasiun dirangcang oleh Zaha Hadid. Bangunan yang berada di Innsburg tersebut terlihat megah dan umumnya berbentuk curva.

  • Ordrupgaard Extension

Bangunan ini terletak di Kopenhagen dan merupakan salah satu bangunan karya Zaha Hadid yang menyatu dengan lingkungan. Ordrupgaard Extension terispirasi dari sungai Clyde. Bangunan Ordrupgaard Extension memang tidak baru dan Zaha Hadid mampu merubahnya menjadi karya yang elegan tanpa merubah proporsi bangunan aslinya dari tahun 1918.

  • The Riverside Museum

Museum yang berada di Skotlandia berada dekat dengan sungai Glasgow tepatnya disampingnya. The Riverside Museum memiliki bangunan yang indah dengan atam yang berbentuk zig zag seperti riak air.

  • Phaeno Science Centre

Karya Zaha Hadid ini memiliki design yang unik dan mengagumkan, bangunan indah tersebut berada di Wolfsburg.

  • Heyder Aliyev Center

Bangunan Heyder Aliyev Center yang megah ini terletak di Azerbeijan. Karya inilah yang mendapatkan penghargaan Design Museum of The Year tahun 2004 dan semakin mengharumkan nama Zaha Hadid.

  • Pierres Vives

Bahan beton yang berkualitas dan geometris Pierres vives cocok digunakan untuk perpustakaan arsip, perpustakaan, namun dengan luasnya tidak menutup kemungkinan juga difungsikan untuk olahraga. Bangunan megah tersebut berada di Montpellier.

  • Vitra Fire Station

Bangunan Vitra Fire Station di Jerman merupakan salah satu bangunan yang menjadi tanda kebesaran namanya di dunia arsitek, dan Vitra Fire Station selesai dibangun pada tahun 1993.

  • Guangzhou Opera House

Gedung opera yang megah dengan kualitas pencahayaan optimal terlihat sangat menawan dan mempesona. Bangunan Guangzhou Opera House berada di Guangzhou.

Namun sayangnya, wanita berbakat tersebut harus berpulang ke rahmatullah karena serangan jantung pada 31 Oktober 2016 lalu. Zaha Hadid dikenal dengan ungkapannya “Ada sudut 360o jadi mengapa harus menjadikannya satu?”.

Anda yang ingin menjadi arsitek semoga kisah ini menjadi inspirasi sekalis menjadi salah satu semangat untuk meraih impian anda dan mewujudkan karya-karya mengagumkan dari anda.

No comments:

Post a Comment